PT Pos Indonesia mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. . Kali pertama bantuan disalurkan kepada 555 Kepala Keluarga (KK) dari Desa Waru Kecamatan Rembang di Kantor Pos Rembang Kamis (7/5).

Kegiatan Launching Penyaluran BST Tahun 2020 oleh PT Pos Indonesia tersebut dihadiri Bupati Rembang H Abdul Hafidz. Pada kesempatan tersebut Bupati Rembang H Abdul Hafidz menjelaskan bahwa keterlambatan pembagian BST ini bukan karena ketidak konsistennya pemerintah tetapi karena perlunya pengaturan mekanisme penyaluran dan sinkronisasi pendataan.

“Bantuan ini bermacam nominalnya, ada yang Rp.600 ribu selama 3 bulan, ada yang bantuan sembako senilai Rp.200 rb selama 9 bulan, ini diatur oleh aturan, dan pendataan dari desa melalui relawan desa dan ditetapkan di bawa ke musyawarah desa, setelah itu baru diangkat ke dinas sosial, baru setelah itu diangkat ke kementrian sosial, jadi saya mohon untuk bersabar, ” terangnya.

Tak semua warga penerima BST bisa datang ke Kantor Pos yang disebabkan sedang sakit. Terkait hal itu, petugas mendatangi yang bersangkutan untuk penyerahan bantuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang Sri Wahyuni menambahkan ada 36 ribu KK yang diusulkan oleh Pemkab Rembang. Tahap pertama sudah disalurkan kepada 3.170 KK melalui Bank- bank milik negara.

Sedangkan tahap kedua ini disalurkan kepada 31.362 KK melalui Kantor Pos. Mulai Kamis ini dan dilanjutkan Senin 11 Mei 2020 besok.

“Tahap pertama pencairannya sudah melalui bank himbara (Himpunan Bank- Bank Milik Negara), itu melalui seperti BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri pada minggu kemarin. Ini yang tahap ke 2 melalui kantor pos, dan kita mulai launching untuk warga desa Waru dulu, senin dilanjutkan lagi desa- desa lain, ” pungkasnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: