Program Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Disporapar Provinsi Jateng mulai disosialisikan ke sejumlah daerah, termasuk di Rembang. Ada empat titik lokasi yang menjadi sasaran, salah satunya di tempat wisata Pasar Mbrumbung Dukuh Randu Gosong Desa Banggi Kecamatan Kaliori.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur dalam kesempatan itu menyampaikan, program Gerakan BISA ini merupakan tanggungjawab bersama, baik dari pengelola maupun pengunjung. Di dalam gerakan BISA menekankan pada empat unsur, yaitu Bersih, Indah, Sehat, dan Aman.

Bersih artinya menjaga tempat wisata agar selalu bersih. Bukan hanya bersih dari sampah saja melainkan bersih dari tindakan anak-anak yang menyalahgunakan tempat wisata untuk perbuatan negatif.

Kemudian Indah, yaitu bagaimana membuat pengunjung betah berada dilokasi wisata. Dirinya mencontohkan Pasar Mbrumbung sebagai tempat menjual makanan tradisional agar ditambah fasilitas lain untuk menambah kenyamanan pengunjung ketika menikmati makanan.

Selanjutnya Sehat, sudah seharusnya tempat wisata tidak menjadi tempat sumber penyakit. Apalagi saat ini sedang ada pandemi Covid-19, jangan sampai lokasi wisata menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Terakhir Aman, dirinya meyakini bahwa destinasi wisata di Rembang cukup memberikan keamanan bagi para pengunjung. Hanya saja dirinya meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang agar menambah kemananan pengunjung pada tempat wisata laut khususnya yang menyewakan perahu.

“Temen-temen yang mengelola wisata di Kabupaten Rembang baik dari desa maupun wisata yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Rembang, mudah-mudahan sosialisasi program gerakan BISA, bersih, indah, sehat, aman ini bisa tersosialisasi kepada dunia wisata khususnya di Kabupaten Rembang tersosialisasi dengan baik,”tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan alat-alat protokol kesehatan secara simbolis kepada pengelola desa wisata Pasar Mbrumbung oleh Pjs Bupati Imam Maskur.

Selain Pasar Mbrumbung di Desa Banggi, sosialisasi juga dilakukan di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, Desa Tasikharjo Kecamatan Kaliori, dan Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: