Setelah keluarnya hasil Swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kecamatan Rembang positif , Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rembang langsung melakukan tracking ke sejumlah orang yang disinyalir melakukan kontak langsung dengan pasien. Tujuh orang tersebut ada yang keluarga dan juga orang yang dekat dengan pasien.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rembang, Arief Dwi Sulistia, Senin (6/4/2020) dari hasil tracking ada tujuh orang yang kontak erat atau langsung dengan yang bersangkutan. Selanjutnya hari Minggu (5/4/2020) empat orang telah dilakukan rapid test.

“Kemarin Dinas Kesehatan melalui petugas puskesmas rembang 2 ini yang tercatat kontak erat dengan pasien itu ada tujuh orang, dan 4 orang telah dilaksanakan rapid test, hasilnya negatif, ” ujarnya.

Meskipun hasil rapid tes negatif Covid-19, Dinas Kesehatan akan terus memantau. Jika empat orang itu kemudian muncul gejala ke arah Covid-19 maka akan dilakukan tes lagi.

Sementara itu tiga orang lainnya yang kontak langsung dengan pasien di rapid tes hari Senin ini. Ke tujuh orang itu saat ini dalam kondisi sehat.

Arief berharap masyarakat tidak panik apalagi sampai mengucilkan. Yang diperlukan masyarakat mau mengikuti anjuran dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus yang diduga berasal dari Wuhan Cina itu.

Ia menambahkan mulai Senin (6/4/2020) sesuai arahan pemerintah pusat , semua orang terutama yang keluar rumah diwajibkan memakai masker kain, sedangkan masker bedah atau N95 digunakan petugas medis.Hal itu untuk mencegah penularan dari orang tanpa gejala yang mungkin terjangkit virus corona.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: